Lompat ke isi utama

Berita

Ziarah ke Makam Bung Karno, Fritz Kenang Perjuangan Sang Proklamator

blitar.bawaslu.go.id – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Fritz Edward Siregar, Kamis (25/6/2020) bertandang ke Bumi Bung Karno. Mengawali kunjungan kerja ke Bawaslu Kabupaten dan Kota Blitar, Fritz terlebih dahulu berziarah ke Makam Bung Karno. Sekitar pukul 07.00, Fritz yang didampingi rombongan Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Kabupaten dan Kota Blitar, berdoa di pusara Sang Proklamator RI.

Sebagai salah satu pengagum karya Bung Karno, Fritz senang dan bangga akhirnya bisa menapakkan kaki di pembaringan terakhir Ir. Soekarno yang berada di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan ini. Di suasana pagi yang sejuk, Fritz dan rombongan berdoa dipimpin juru kunci Makam Bung Karno (MBK) sekitar 30 menit dengan khusyuk.

“Saat berdoa bersama, saya mengenang betapa mahalnya harga perjuangan untuk meraih kemerdekaan bangsa ini. Perjuangan itu seolah mudah dikatakan, namun bagi yang melakukan tentu tidak mudah,” kata pria kelahiran Medan, Sumatera Utara ini.

Fritz mengaku hampir semua karya Ir. Soekarno telah dilahapnya. Bahkan dia telah mengunjungi seluruh tempat pembuangan Sang Proklamator Kemerdekaan RI tersebut. Sehingga, ketika berkesempatan untuk berziarah ke pusara Bung Karno, pria yang menjabat koordinator divisi hukum, humas, dan data informasi ini mendoakan agar arwah dan jasa para pahlawan kemerdekaan bisa diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk itu penting bagi kita semua sebagai generasi penerus, untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan sebagai bagian dari pengawas pemilu, kita harus tetap menjaga maruah Bawaslu sebagai lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan pemilu demokratis, bermartabat, dan berkualitas,” tandas Fritz.

Usai berdoa dan menaburkan bunga, Fritz dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi Museum Bung Karno. Selanjutnya bertolak ke kantor Bawaslu Kabupaten Blitar yang berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 42, Kota Blitar yang berada di sebelah selatan Kompleks Makam Bung Karno.

Dalam kunjungan ke Kantor Bawaslu Kabupaten Blitar, Fritz didampingi oleh tiga anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur yakni Poernomo Satriyo Pringgodigdo, Eka Rahmawati, dan Nur Elya Anggraini.  (ridha/humas)

Tag
Berita