Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Peran Serta Pengawas Partisipatif  

blitar.bawaslu.go.id – Sebanyak 66 peserta program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring dari Kabupaten Blitar antusias mengikuti pembukaan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Sabtu (2/5/2020). Program ini efektif untuk meningkatkan peran serta pengawasan partisipatif pada Pemilu/ Pemilihan.

Abdul Hakam Sholahuddin, ketua Bawaslu Kabupaten Blitar mengucapkan selamat atas terpilihnya para peserta SKPP Daring. Menurut Hakam, mereka yang terpilih adalah pemuda-pemudi pilihan yang memiliki kepedulian terhadap masa depan demokrasi di Indonesia.

“Tidak bisa dipungkiri dalam perjalanan demokrasi kita masih diwarnai dengan praktik-praktik yang menciderai sepertihalnya money politic, kader pengawas partisipatif merupakan salah satu upaya Bawaslu untuk melibatkan masyarakat memerangi praktik tersebut,” kata Hakam.

Lebih lanjut, Hakam berharap seluruh peserta dapat konsisten mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung hingga akhir, “Semoga semua dapat lolos hingga ujian akhir kelulusan,” ujarnya.

Dia menambahkan pengawasan partisipatif dalam Pemilu atau Pemilihan dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Kemudian dengan hadirnya kader pengawas ini akan semakin memperkuat pengawasan dan peran yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Blitar.

“Ke depan peran kader pengawas diharapkan bukan hanya turut serta mengawasi secara independen terhadap proses pemilihan, namun di sisi lain juga diharapkan turut mampu mensosialisasikan pendidikan bagi pemilih serta pengawasan partisipatif kepada masyarakat,” imbuh Hakam. (ridha/humas)

Tag
Berita