Lompat ke isi utama

Berita

Temukan Stiker Coklit yang Tidak Ditempel, Panwaslu Kecamatan Sanankulon: Tidak Sesuai Prosedur

stiker coklit

Ketua Panwaslu Kecamatan Sanankulon, Dwi Sri Mulyani menunjukkan stiker coklit yang tidak ditempel.

blitar.bawaslu.go.id – Panwaslu Kecamatan Sanankulon melakukan pengawasan terhadap kinerja Pantarlih (Uji Fakta) dan menemukan Pantarlih yang bekerja tidak sesuai prosedur. 

Hal ini, ditemukan langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Sanankulon, Dwi Sri Mulyani, pada saat melakukan uji fakta, Sabtu (20/07/2024).

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 799 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. 

Pada salah satu bab dijelaskan bahwa Pantarlih harus menempelkan stiker Coklit untuk setiap 1 (satu) kepala keluarga dalam melaksanakan Coklit.

Dari fakta yang ditemukan di lapangan, Dwi Sri Mulyani mengungkapkan perihal Stiker Coklit yang tidak tertempel di rumah pemilih bisa terjadi lantaran Pantarlih tidak menempelkan Stiker Coklit ke rumah pemilih selesai melaksanakan Coklit. Stiker Coklit, hanya diberikan kepada pemilih.

“Jadi stikernya (Coklit) harus ditempelkan, bukan hanya diberikan kepada pemilih,” kata Dwi Sri Mulyani.

Walaupun hanya sekedar stiker, Dwi Sri Mulyani menilai jika hal ini tidak boleh disepelekan oleh Pantarlih. Mengingat Stiker Coklit ini merupakan elemen penting untuk menandai rumah pemilih sudah dilakukan Coklit oleh Pantarlih.

“Jadi hanya dengan melihat rumah pemilih ada stiker coklitnya, kita sebagai pengawas tahu bahwa yang bersangkutan sudah dicoklit,” jelasnya.

“Sementara ditemukan masih 6 KK (Kepala Keluarga) di TPS 6 Desa Sumber. Bisa jadi, lebih banyak lagi rumah pemilih stiker coklitnya tidak ditempel oleh Pantarlih,” lanjutnya.

Guna menindaklanjuti temuan tersebut, Panwaslu Kecamatan Sanankulon melayangkan Surat Saran dan Perbaikan kepada PPK Sanankulon untuk selanjutnya meneruskan ke Pantarlih untuk melakukan perbaikan, dan menginstruksikan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Sanankulon untuk lebih intens melakukan pengawasan di desanya masing-masing.*

Humas Panwaslu Kecamatan Sanankulon