Lompat ke isi utama

Berita

Staf Humas Bawaslu Blitar Ikuti Rakernis Optimalisasi Pemberitaan dan Pengelolaan Website yang digelar Bawaslu RI

rakernis

Pembukaan Rakernis Pengelolaan Pemberitaan dan Optimalisasi Website Bawaslu, yang diselengarakan Bawaslu RI 

blitar.bawaslu.go.id - JAKARTA - Staf Bawaslu Kabupaten Blitar mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengelolaan Pemberitaan dan Optimalisasi Website Bawaslu, yang diselengarakan Bawaslu RI ini, di Merlynn Park Hotel Jakarta, pada Selasa-Kamis (3-5/9/2024).

Rakernis bagi Staf Pengelola Kehumasan Bawaslu Provinsi dan Kab/Kota se-Indoensia ini bertujuan sebagai upaya mengoptimalisasi pemberitaan, serta mengefektifkan pengelolaan website Bawaslu se-Indonesia dalam memberikan lnformasi pemberitaan yang mudah diakses dan dipahami melalui website. 

Dengan begitu maka ada peran strategis untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu RI, Agung Bagus Gede Bhayu Indra Atmaja sebagai laporan panitia pelaksana kegiatan.

"Terdapat empat tujuan pokok penyelenggaraan kegiatan ini yaitu yang pertama meningkatkan kapasitas pengelolaan website Provinsi dan Kab/Kota, kedua mengembangkan standarisasi dan efisiensi pengelolaan website, Ketiga meningkatkan kualitas website di provinsi dan Kab/Kota dan yang keempat memperkuat keamanan serta integrasi data website Bawaslu Provinsi dan Kab/Kota" urai Agung di momen pembukaan kegiatan.

Lebih lanjut Agung menyampaikan Pemberitaan dan Search Engine Optimization (SEO) merupakan dua komponen penting dalam pengelolaan website Bawaslu. Ini penting, agar mampu memberikan informasi yang baik kepada masyarakat tentang informasi pengawasan Pemilihan serta dapat memberikan informasi kinerja pengawasan kepada publik.

"Untuk itu Bawaslu perlu optimasi dua hal ini agar bisa saling melengkapi dan memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai tujuan" jelas Agung.

Pemberitaan lembaga penting untuk mengungkapkan kinerja Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan yang melakukan fungsi pengawasan.

Sesuai tagline Bawaslu yaitu "Cegah, Awasi, dan Tindak" Deputi Bidang Administrasi Bawaslu RI, Ferdinand Eskol Tiar Sirait pada Selasa (03/09) berharap pemberitaan Bawaslu mempublikasikan seluruh kinerja tersebut.

"Pemberitaan singkat tapi berisi dan tepat sasaran. Jika berita tidak utuh, persepsi orang akan berbeda-beda dalam memahaminya," Ferdinand.*

Humas