Lompat ke isi utama

Berita

Selamat dan Sukses Pelantikan 3.5.36 Pengawas TPS se-Kabupaten Blitar, Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

Pelantikn PTPS di Kabupaten Blitar

Kordiv SDMO Diklat Narsulin menghadiri pelantikan Pengawas TPS oleh Panwaslu Kecamatan Selorejo, Senin 22 Januari 2024

blitar.bawaslu.go.id - Senin (22/01) Bawaslu Kabupaten Blitar melalui Panwaslu Kecamatan melantik 2.536 Pengawas TPS (PTPS) se-Kabupaten Blitar. 

Pelantikan dilakukan oleh panwaslu Kecamatan di 22 Kecamatan se-Kabupaten Blitar, dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, juga tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji yang dipandu oleh Ketua Panwaslu Kecamatan dan dilanjutkan pembacaan pakta integritas oleh masing-masing PTPS. 

Kordiv SDMO dan Diklat Bawaslu Kabupaten Blitar Narsulin menyampaikan pelantikan dilakukan secara serentak pada tanggal 22 Januari dan kemudian dilanjutkan dengan pembekalan kepada PTPS terlantik. 

PTPS yang dilantik ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan di 22 Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Blitar. 

PTPS ini sudah melalui seleksi administrasi dan seleksi wawancara oleh Panwaslu Kecamatan

. Selanjutnya PTPS ini akan dibekali dengan pengetahuan tentang tugas, kewajiban dan kewenangan PTPS pada pemilu 2024. Selain itu pengawas TPS juga diberikan bekal tentang kode etik sebagai penyelenggara Pemilu. 

Direncanakan pembekalan terhadap PTPS ini akan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali. Adapun pembekalan kedua akan ditekankan pada penguatan pemahaman tentang regulasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi sistem pengawasan pemilu (siwaslu).

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria menjelaskan PTPS yang telah dilantik selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan pemangku wilayah baik itu kadus maupun ketua RT sebelum bertugas. 

Adapun pengawasan yang dilakukan PTPS akan mulai dilakukan sejak masa tenang ditanggal 11 Februari kemudian dilanjutkan dengan pengawasan terhadap kegiatan sebelum pemungutan suara, sampai dengan pengawasan pada saat penyerahan hasil dari TPS ke PPS. 

Ida juga menegaskan bahwa PTPS adalah ujung tombak pengawasan pemilu, oleh karena itu harapannya PTPS dapat menjalankan tugas secara professional, menjaga integritas dan independensi sejak dilantik sampai dengan berakhirnya masa tugas mereka dalam Pemilu 2024. 

"PTPS adalah kepanjangan tangan Bawaslu dan menjadi ujung tomba pengawasan dalam Pemilu 2024. Kami ucapkan selamat bertugas, jaga kesehatan, dan ayo kita kawal demokrasi untuk Pemilu demokratis dan berintegritas," kata Ida. ***

Ridha Erviana