Lompat ke isi utama

Berita

Mitigasi Potensi Sengketa Pemilu, Bawaslu Blitar Undang 18 Parpol

blitar.bawaslu.go.id – Bawaslu Kabupaten Blitar mengundang pimpinan/ perwakilan 18 partai politik  dalam Rapat Koordinasi Potensi Sengketa dalam Rangka Perrsiapan Pengawasan Tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) menuju Tahapan Daftar  Calon Tetap (DCT) Calon Anggota DPRD Kabupaten Blitar pada Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, Jumat (15 September 2023).

Rapat koordinasi (rakor) ini, menjadi salah satu upaya mitigasi Bawaslu Kabupaten Blitar terhadap potensi sengketa pemilu.

“Dengan bertatap muka langsung dengan perwakilan partai politik, memudahkan komunikasi antara Bawaslu dengan peserta Pemilu. Dengan begitu, Bawaslu dapat mengedepankan upaya pencegahan terhadap sengketa juga pelanggara yang mungkin terjadi,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria, Jumat (15 September 2023). 

Dalam rakor yang dihadiri pimpinan dan perwakilan 18 partai politik di Kabupaten Blitar, materi disampaikan oleh Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Blitar Nikmatus Sholihah.

Beberapa poin yang disampaikan antara lain mengenai jadwal tahapan pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Blitar, jadwal permohonan sengketa, juga mengenai profesi yang wajib mundur, serta komposisi keterwakilan perempuan pasca putusan Mahkamah Agung (MA).

“Sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tengan Pencalonan Anggota DPRD pasal 11, ada profesi yang harus mundur saat yang bersangkutan mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD,” kata Nikmah, sapaan akrab Nikmatus Sholihah.

Terkait putusan MA mengenai penghitungan 30 persen jumlah bakal calon Perempuan di setiap daerah pemilihan menghasilkan angka pecahan, dilakukan pembulatan ke atas.

“Terhadap putusan MA tersebut, sudah Bawaslu petakan, terdapat beberapa parpol yang berpotensi TMS pada beberapa dapil. Sehingga, perlu kami sampaikan Kembali kepada parpol untuk mencermati, dan menyampaikan hasil pencermatan kepada KPU,” kata Nikmah.

Dalam rakor yang dimulai pukul 09.00 di ruang Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Blitar ini, juga hadir Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Jaka Wandira yang membuka acara. (*/humas)

Tag
Berita