Lompat ke isi utama

Berita

Diskusi HDI Bawaslu Jatim Seri 5, Bahas Rekrutmen Penyelenggara

blitar.bawaslu.go.id – Bawaslu Kabupaten Blitar kembali mengikuti Diskusi Mingguan Hukum dan Data Informasi (HDI) Bawaslu Jawa Timur. Diskusi keenam pada Kamis, 1 Juli 2021 ini bertema rekrutmen penyelenggara pemilu, dengan penyelenggaran Bawaslu Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi.

Dua narasumber dihadirkan yakni, Harris Mustofa dan Prof. Dr. H. Parji, M.Pd yang juga sekaligus Rektor Universitas PGRI Madiun (UNIPMA).

Peserta daring pada acara diskusi tersebut para mahasiswa di Kota Madiun khususnya UNIPMA, bertepatan dengan Rektor UNIPMA sebagai narasumber. Profesor Parji dalam paparannya menyampaikan, rekrutmen penyelenggara pemilu merupakan pintu awal apakah demokrasi di Indonesia ini berkualitas apa tidak.

“Pemilu yang jurdil dan berintegritas akan terselenggara apabila proses rekrutmen penyelenggara pemilu dilakukan dengan baik dan benar,” ujar rektor UNIPMA tersebut.

Integritas dan independensi penyelenggara pemilu harus terjamin sejak proses rekrutmen penyelenggara pemilu dan selama pelaksanaan tugas pengawasan pemilu. Selain itu juga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Selain itu proses seleksi perlu melibatkan masyarakat serta penyelenggara pemilu bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang money politik atau politik transaksional agar masyrakat lebih mengerti paham penyakit demokrasi,” tambah dia.

Diskusi diikuti Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur, dan dihadiri secara daring oleh Kordiv HDI Bawaslu Jatim Purnomo Satriyo Pringgodigdo. (*/humas)

Tag
Berita