Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Blitar Hadiri Kuliah Umum Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Penyelesaian Perselisihan Hasil Oleh Mahkamah Konstitusi di Unisba

unisba

Anggota Bawaslu Kabupaten Blitar Nikmatus Sholihah menghadiri Kuliah umum Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Penyelesaian Perselisihan Hasil Oleh Mahkamah Konstitusi di Unisba, Sabtu 14 September 2024.

blitar.bawaslu.go.id - Anggota Bawaslu Kabupaten Blitar Nikmatus Sholihah menghadiri Kuliah umum Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Penyelesaian Perselisihan Hasil Oleh Mahkamah Konstitusi, di Kampus Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Sabtu 14 September 2024.

Dalam kuliah umum tersebut hadir Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, SH, M. Hum yang merupakan Hakim Mahkamah Konstitusi RI selaku nara sumber. 

Selain dari Bawaslu Kabupaten Blitar,  hadir dalam kuliah umum tersebut KPU Kabupaten dan Kota Blitar, Bawaslu Kabupaten dan Kota Blitar, Polres dan Polresta Blitar serta seluruh mahasiswa baru Universitas Islam Balitar menjadi peserta. 

Dalam kuliah umum ini, Prof. Enny menjelaskan tentang arti demokrasi, kewenangan dan kewajiban Mahkamah Konstitusi, Tenggat waktu penyelesaian sengketa, penyelenggara Pemilu dan hal- hal lain terkait penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.
Selesai sesi materi, para mahasiswa antusias untuk memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Dalam kuliah umum tersebut, juga dijelaskan mengenai perbedaan waktu penyelesaian sengketa dalam pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg), dan pilkada.

Untuk Pilpres 14 hari, Pileg 30 hari, dan Pilkada 45 hari.*

Humas