Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Blitar Sosialisasikan Netralitas ASN dan Pemerintah Desa dalam Pemilu 2024

blitar.bawaslu.go.id - Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN dan Pemerintah Desa di Lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

Giat yang digelar Korpri Kabupaten Blitar ini dilaksanakan pada Selasa 24 Oktober 2023 di Ruang Candi Penataran Lantai 3 Kantor Bupati Blitar.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom.

Sebelum materi sosialisasi, dilakukan ikrar atau deklarasi ASN dan Pemerintah Desa Netral, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas Netralitas ASN dan Pemerintah Desa.

Dilanjutkan dengan sosialisasi dari para narasumber, antara lain Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria, dan konsultan hukum Imam Makali.

Bawaslu mengingatkan kepada ASN dan Pemerintah desa untuk menjaga netralitas ASN.

Bawaslu mencatat dugaan jumlah pelanggaran netralitas ASN pada Pemilu 2019 di antaranya temuan sebanyak 914 kasus, laporan sebanyak 85 kasus. Dari jumlah itu di antaranya direkomendasikan ke KASN sebanyak 894 kasus.

Ida berpesan kepada ASN dan jajaran pemerintah desa untul berhati hati saat menggunakan media sosial. Terlebih saat memberikan like, comment, dan share status terkait dengan para calon yang berkontestasi dalam Pemilu 2024.

"Saat ada yang men-screenshot postingan, lalu dilaporkan, bisa jadi masalah bagi ASN itu sendiri," kata Ida***

Tag
Berita