Lompat ke isi utama

Tentang SMS CENTER Kab. Blitar

SEKILAS

Dalam bidang pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Blitar memanfaatkan teknologi dan informasi dengan membentuk layanan pengaduan masyarakat berupa SMS CENTER.

APA MANFAATNYA?

Dalam perkembangan beberapa tahun terakhir, pengguna short message service SMS sangat fenomenal, setidaknya kita tahu langsung dari anak kecil, pengusaha, birokrasi, kalangan artis hingga politisi menggunakan teknologi telekomunikasi. Tanpa membicarakan secara eksplisit mengenai jumlah traffic SMS, kita bisa membayangkan suatu angka pembangunan yang besar. Adanya kondisi seperti fasilitas SMS merupakan solusi yang paling cocok, karena pesan yang diterima tanpa mengganggu aktifitas, bahkan, sering dalam pertemuan-pertemuan banyak hal yang dapat dilakukan seperti koordinasi dan lain sebagainya. Fitur lain SMS adalah mudah memberikan instruksi secara tersebar.

Perkembangan SMS CENTER bagi instansi pemerintah saat ini, telah banyak memanfaatkan fasilitas ini, bahkan SMS CENTER menjadi sarana media aspirasi dalam menyampaikan pendapat, ini membuktikan bahwa sarana telekomunikasi SMS CENTER menjadi penting dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, pengaduan, dan kritik kepada Pemerintah Kabupaten Blitar terhadap pelaksanaan pembangunan. kemasyarakatan, dan roda pemerintahan di Kabupaten Blitar. Input dari masyarakat dapat dikirimkan melalui sebuah pesan pendek (SMS) ke Nomor 081 3333 14 303, dengan demikian akan mempermudah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan memangkas jalur birokrasi dalam memberi masukan kepada Pemerintah. Keberadaan SMS CENTER ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengoptimalkan peran dan partisipasi masyarakat dalam roda pemerintahan. Di samping itu, fungsi pengawasan publik diharapkan dapat berjalan efektif, sehingga dapat meningkatkan kinerja Pemerintah, khususnya dalam bidang pelayanan kepada masyarakat.

APA FITURNYA ?

Pengembangan SMS Center Kab Blitar tidaka hanya sebagai media menghimpun sms pengaduan dari masyarakat akan tetepi dikembangkan lebih kompleks lagi. SMS Center ini memiliki beberapa fitur, yaitu:

1. SMS Saran

2. SMS Pengaduan

3. SMS Gateway

SMS SARAN

Merupakan media untuk menghimpun saran dan kritik dari masyarakat. Melalui media ini tidak ada feedback dari pemerintah daerah.

Format yang digunakan:

Ketik: SARAN [spasi] ISI_SARAN

Kirim ke: 081 3333 14 303

Contoh:

SARAN Tolong ditertibkan parkir liar yang ada di wilayah Srengat.

Jika sms berhasil masuk ke dalam server SMS Center Kab Blitar, maka mesin akan mengirimkan balasan sms sebagai berikut: Terima Kasih atas Saran yang Anda Kirimkan.

SMS PENGADUAN

Merupakan media sms untuk menghimpun segala pengaduan masyarakat kepada pemerintah daerah dan akan diberikan komentar dari pihak terkait atas keluhan yang ada. SMS yang masuk dan komentar akan ditampilkan di kategori SMS Pengaduan.

Format yang digunakan:

Ketik: ADUAN [spasi] ISI_KELUHAN/PENGADUAN

Kirim ke: 081 3333 14 303

Contoh:

ADUAN Apakah tahun ini ada penerimaan cpns?

Jika sms berhasil masuk ke dalam server SMS Center Kab Blitar, maka mesin akan mengirimkan balasan sms sebagai berikut: Terima Kasih atas partisipasi Anda. Pengaduan Anda akan kami teruskan kepada dinas/bagian yang membidangi.

SMS GATEWAY

Merupakan fitur SMS Auto Reply yakni jika ada sms yang masuk, maka secara realtime mesin akan menjawab dan mengirimkan sms balasan ke nomor pengirim.

Fitur ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencari informasi yang telah dimasukkan ke dalam mesin SMS Center melalui sms.

Adapun daftar SMS Input dan balasannya dapat dilihat di kategori SMS Gateway