You are here
Home > Berita > Pastikan Kesehatan PTPS, Bawaslu Rapid Test 2.278 PTPS

Pastikan Kesehatan PTPS, Bawaslu Rapid Test 2.278 PTPS

blitar.bawaslu.go.id – Demi menjamin jajaran ujung tombak pengawasan Bawaslu di tempat pemungutan suara (TPS) dalam kondisi fit dan sehat, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blitar melakukan rapid test kepada 2.278 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria mengatakan, rapid test dilakukan untuk memastikan jajaran Pengawas TPS yang akan mengawasi tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara, 9 Desember mendatang dalam kondisi sehat dan tidak terpapar virus Covid-19.

“Dengan terjaminnya kesehatan para penyelenggara, rapid test juga bertujuan melindungi keselamatan Pemilih. Penyelenggara telah berkomitmen bahwa pelaksanaan Pungut hitung Pilkada memperhatikan standar protokol Covid-19,” kata perempuan ramah yang akrab disapa Ida ini.

Ia menjelaskan kegiatan rapid test ini dilakukan bergelombang, selama 6 (tiga) hari, terhitung sejak 26 November hingga 1 Desember 2020, dan dilaksanakan di masing-masing Puskesmas ataupun puskesmas pembantu di 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar.

Bagi PTPS yang  hasil rapid test reaktif, lanjut Ida, akan langsung dikarantina untuk segera dijadwalkan tes usap atau swab. Adapun mekanisme penggantian PTPS dengan nomor urut di bawahnya, menunggu hasil swab yang bersangkutan.

“Jadi saat ada yang reaktif, tidak asal ganti PTPS-nya. Kami meminta jajaran Panwaslu Kecamatan segera melaporkan ke Bawaslu jika ada PTPS yang reaktif. Agar bisa segera dijadwalkan swab oleh Gugus Tugas Covid-19. Kami berharap semua hasil negatif. Jika memang ada yang positif maka PTPS bersangkutan akan diganti,” tandas Ida.

Srikandi Pengawasan Blitar yang membidangi Divisi SDM ini berharap, agar seluruh PTPS yang mengikuti rapid test hasilnya adalah non-reaktif, sehingga dapat memenuhi syarat untuk melaksanakan pengawasan dalam tahapan Putungsura, serta berdoa semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020 ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar. (humas)

About Post Author

Admin
Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu
slot deposit dana
Top