Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran Panwascam di Kabupaten Blitar Ditutup, Total Ada 86 Pendaftar di 16 Kecamatan

penerimaan berkas pendaftaran

Pendaftar calon anggota panwascam Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Blitar antre pada malam hari, Selasa 7 Mei 2024.

blitar.bawaslu.go.id  - Pendaftaran peserta baru calon anggota panitia pengawas kecamatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 resmi ditutup.

Pada hari terakhir, Selasa 7 Mei 2024 hingga pukul 23.59 WIB, terdapat total 86 pendaftar.

"Dari total 86 pendaftar di 16 kecamatan yang membutuhkan peserta baru, ada 49 laki laki dan 37 perempuan. Sehingga, tidak memerlukan perpanjangan pendaftaran," kata Narsulin, koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi Pendidikan dan Pelatihna Bawaslu Kabupaten Blitar.

Narsulin menjelaskan, dari kuota minimal dua kali kebutuhan serta keterwakilan perempuan, di 16 kecamatan tersebut telah memenuhi, sehingga tidak memerlukan perpanjangan pendaftaran.

"Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat Kabupaten Blitar, yang telah mendaftar sebagai calon panwascam pada Pemilihan Serentak Tahun 2024," kata Narsulin.

Selanjutnya, hasil penelitian yang lolos administrasi akan diumumkan pada Minggu, 12 Mei 2024.

Masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap Calon Anggota Panwaslu kecamatan pada 12-17 Mei 2024 langsung di kantor Bawaslu Kabupaten Blitar, atau secara online via email resmi lembaga di sdm.bawaslublitar@gmail.com.

Jadwal tes tertulis diagendakan pada 13-14 Mei 2024.

"Terkait apa saja materi yang akan diujikan, tentunya seputar kepemiluan khususnya tentang Undang-undang Pemilihan Serentak (Pilkada)," lanjut pria murah senyum ini.

Narsulin berharap, semua calon anggota Panwascam dapat mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi wawasan, pengetahuan, ataupun fisik menjelang tes.

"Sehingga nantinya Panwascam yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan integritas dan profesionalisme dalam mengawasi Pemilihan Serentak Tahun 2024," tandas Narsulin. (*)

Penulis dan Foto : Ridha Erviana