Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Blitar Ajak Banser jadi Pengawas Partisipatif dalam Pilkada Tahun 2024

sosialisasi pengawasan partisipatif banser

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Blitar Jaka Wandira menyampaikan sosialisasi di hadapan anggota Banser, Sabtu 27 April 2024

blitar.bawaslu.go.id - Pilkada Tahun 2024 sudah di depan mata. Bawaslu mulai menyiapkan perangkat pengawasan dan mengajak masyarakat untuk aktif dalam pengawasan partisipatif.  

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarat dalam pengawasan pemilihan umum tahun 2024,  Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif di hadapan anggota Banser/ Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar. 

“Kami harapkan dengan sosialisasi yang masif dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan pemilu. Dengan semakin banyak orang yang terlibat dalam pengawasan tahapan pemilu maka semakin sedikit potensi kecurangan atau pelanggaran yang akan terjadi dan kualitas pemilu menjadi semakin baik,” kata Jaka Wandira, koordinator divisi pencegahan, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat Bawaslu Kabupaten Blitar.

Jaka mengajak kepada seluruh jajaran Banser Kabupaten Blitar turut dalam pengawasan partisipatif Pilkada Tahun 2024. 

“Pengawasan Pemilu yang melibatkan warga masyarakat menjadi sebuah keharusan karena pelibatan warga pada hakikatnya untuk melegitimasi suara publik. Dimana suara publik inilah yang mendasari adanya forum warga. Jika berbicara warga saja maka hanya akan menjadi sebuah individu yang akan berdiri sendiri, namun jika berbicara forum maka individu-individu tersebut akan menjadi satu kesatuan,” kata Jaka. (*)

Penulis : Ridha Erviana

Foto : Aluk Sanjaya